E - mail saya

cemaratujuh@yahoo.com

Teknologi

.

Bibit kentang

.

Minggu, 10 Agustus 2014

Kentang Wonosobo


Kentang

Dataran Tinggi daerah Wonosobo ' Dieng Plateu ' dan karakteristik tanahnya memang cocok untuk bertanam kentang. Wajar bila kentang wonosobo banyak diminati karena rasa dan kualitas kentangnya. Mengapa kentang menjadi kebutuhan nasional saat ini..?

Ya, memang tidak dipungkiri meski bukan makanan pokok Indonesia namun kentang sering dijadikan pangan alternatif seperti camilan serta bahan tambahan sayur dlsb. Kentang memang  ada beberapa jenis , secara umum ada yang untuk kentang sayur ( var Granola ) juga ada kentang untuk kripik ( Atlantik, Medians ), dikalangan petani kentang ada lagi yang ditinggal untuk rindil atau bibit kentang. Adakah Jenis jenis kentang yang terbaru yang bisa meningkatkan produksi kentang secara nasional..? Kebutuhan kentang dan bibit kentang memang cukup besar, saya berharap dari wonosobo bisa mengekspor kentang ke luar negeri, apapun bentuknya.Karena petani tentu lebih diuntungkan.

Perlu bibit yang baik
Perlu disadari pentingnya budidaya dimulai dari bibit yang baik, jaminan diawal dengan bibit yang baik akan membantu petani kentang meningkatkan produksi.Kendala yang sering dihadapi petani adalah mendapatkan bibit yang baik dan bebas virus. Salah satu virus yang berbahaya seperti virus roset umumnya bila sudah terserang akan muncul pada tanaman setelah umur kurang lebih 30 hari setelah tanam. Dan bila sudah terserang maka tanaman tersebut mesti dimusnahkan karena bisa menular.

Perbaikan tanah
Karena tanah sudah menjadi ' pabrik ' dan diharapkan terus menerus mengeluarkan produksinya maka tanah tempat tanaman kentang tumbuh menjadi kurus unsur hara, standar secara umum kandungan bahan organik yang dibutuhkan  setidaknya 5% , namun karena terlalu sering dieksploitasi diambil produksinya maka hampir di semua daerah kurang dari  4% artinya daya dukung tanah terhadap produktifitas tanaman berkurang, maka perlu ditambahkan bahan tambahan yang bisa menambahkan dan berfungsi sebagai starter kesuburan.Ini penting, jika tanahnya bagus dan subur maka apapun tanamannya tentu akan berproduksi secara optimal.

Manajemen pupuk yang berimbang
Telah ditulis dimuka bahwa pentingnya pupuk makro dan pupuk mikro sangat berperan pada pertumbuhan tanaman, dimana makanan tanaman ini dibutuhkan berimbang agar tanaman kentang mampu tumbuh optimal dan produksi bisa dinaikkan.Khusus pupuk akan dibahas lebih rinci lagi.

Pengendalian hama dan penyakit
Tidak dipungkiri pemakaian fungisida pada tanaman kentang ini terkadang melebihi batas ambang karena ketidaktahuan informasi petani dan kebiasaan petani dimana yang penting semprot berapa kali pun yang penting tanaman kentang saya aman dari jamur, musuh utama kentang. Tahu ndak pak, fungisida yang bapak semprot itu juga meresap di kentang juga ? Andai kentang itu bapak makan sendiri kira kira meresap juga didalam darah tidak..? Lalu efek berikutnya kekebalan tubuh bapak makin lama makin menurun tidak akibat tumpukan residu dari kentang tadi..? belum lagi jamurnya jadi lebih kebal dan sakti lho pak, musim berikutnya obatnya ndak manjur lagi, ujung ujungnya keuntungan bapak menurun karena obat fungi atau jamurnya membengkak...Lah tanam kentang kan nyari untuk kok malah rugi..kan.. 





ads

Ditulis Oleh : nubo Hari: 8/10/2014 Kategori: